Home » , , » NasDem Berikan Sejumlah Syarat Untuk Dana Parpol 1 Triliun

NasDem Berikan Sejumlah Syarat Untuk Dana Parpol 1 Triliun

Ditulis oleh : Indikasi News pada Kamis, 12 Maret 2015 | 04.46

Jakarta, INDIKASI News -- Tjahjo Kumolo (Mendagri) membuat wacana agar setiap partai politik diberikan dana sebesar Rp1 triliun dari APBN. Partai NasDem menyambut baik usul tersebut tetapi sekaligus memberikan sejumlah syarat sebelum rencana tersebut direalisasikan.

"Dana Rp 1 triliun pantas kalau tingkat utang luar negeri turun, tingkat kesejahteraan rakyat meningkat, tingkat pengangguran menurun. Baru parpol pantas (dapat dana Rp 1 triliun )," kata Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella di Jakarta, Rabu (11/3).

Rio mengakui, pengucuran dana parpol tersebut tidak serta merta bisa mengurangi tingkat korupsi. Memang, selama ini orang-orang yang terjerat korupsi rata-rata memberikan sumbangan untuk membesarkan partai, sehingga menggunakan cara-cara yang instan. Tetapi, sambungnya, banyak juga yang korupsi tidak untuk membesarkan partai.

Menurut dia, hal itu untuk mencegah agar tidak ada pihak yang berlomba-lomba membentuk partai demi uang Rp 1 triliun. "Kalau tiba-tiba ada bantuan Rp1 triliun, orang berlomba-lomba akan buat partai, hanya sekadar buat partai untuk pemilu. Padahal kemampuan tidak begitu siap, tapi bagaimana cara mendapatkan Rp1 triliun itu," tuturnya.

"Kalau Rp1 triliun hanya untuk menjawab parpol keluar dari korupsi, tidak sesimple itu. Korupsi banyak faktornya. Salah satunya terkait penegakan hukum, sistem yang mengakibatkan mudah untuk melakukan korupsi. Kalau Rp1 triliun bisa jamin itu, kita bantu saja Rp5 triliun," tandasnya. (dbs)

Bagikan :
 
Copyright © 2015. INDIKASI News - All Rights Reserved •
HomeRedaksiTentang KamiDisclaimerPedoman Media SiberIklan
Didukung oleh : PERSATUAN PEWARTA WARGA INDONESIA (PPWI)
Media Partner : │ BIDIKFAKTA.COM