Home » , , » Jokowi-JK Ingkar Janji, Harga Beras Melambung Tinggi

Jokowi-JK Ingkar Janji, Harga Beras Melambung Tinggi

Ditulis oleh : Unknown pada Kamis, 26 Februari 2015 | 19.05

Jakarta, INDIKASI News -- Herman Khaeron Wakil Ketua Komisi IV DPR menilai pemerintahan Jokowi-JK telah mengingkari janjinya pada saat kampanye. Herman menjelaskan saat itu Jokowi berjanji akan menstabilkan harga beras agar bisa terjangkau oleh rakyat kecil khususnya menengah kebawah.

"Naiknya harga beras saat ini sangat menyusahkan semua rakyat, namun masih ada yang beranggapan bahwa harga yang tinggi dapat mensejahterakan petani," kata Herman di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (26/2/2015).

Menurutnya dengan melonjaknya harga beras tidak sertamerta menyejahterkan petani karena petani yang berpenghasilan rendah dan masih banyak di bawah garis kemiskinan juga mengkonsumsi beras yang mahal tersebut.

"Tentu jawabannya belum tentu, karena hampir seluruh petani juga mengkonsumsi beras dan hampir sebagian besar masih dibawah garis kemiskinan karena lahan garapannya tidak ekonomis," ujarnya.

Politisi Partai Demokrat ini mengaku prihatin dengan harga beras yang nampaknya sulit dijangkau rakyat kecil. Dia pun berharap pemerintah jangan hanya kebanyakan pencitraan dan segera melakukan sesuatu agar harga beras bisa kembali ditekan.

"Kami meminta secepatnya pemerintah dapat mengatasinya. Kenaikan harga beras ini tidak terlepas dari beberapa instrumen yang mempengaruhinya, yaitu turunya produksi, ketersediaan stok nasional, naiknya konsumsi, dan distribusi," imbuhnya.

Dia menjelaskan UU Pangan nomor 18 tahun 2012 sudah mengatur secara rinci tentang Kedaulatan, Kemandirian, Ketahanan, dan Keamanan Pangan, yang didalamnya mengatur tentang kewajiban pemerintah untuk menjaga stok nasional dan stabilisasi harga pangan pokok.

"Untuk itu, kami meminta pemerintah segera lakukan operasi pasar dan penyaluran raskin secara serentak dan bilamana diperlukan bisa disalurkan 2 kali dalan sebulan ini dengan tetap menjaga kecukupan stok beras yang ada di Bulog," ungkapnya. (dbs)

Bagikan :
 
Copyright © 2015. INDIKASI News - All Rights Reserved •
HomeRedaksiTentang KamiDisclaimerPedoman Media SiberIklan
Didukung oleh : PERSATUAN PEWARTA WARGA INDONESIA (PPWI)
Media Partner : │ BIDIKFAKTA.COM